WINGKO SINGKONG PELUANG USAHA RUMAHAN BERMODAL KECIL

WINGKO SINGKONG PELUANG USAHA RUMAHAN BERMODAL KECIL

Singkong adalah hasil pertanian yang cukup melimpah, yang bisa kita temukan hampir diseluruh daerah indonesia. Ketersediaannya yang cukup melimah ini telak membuat harga singkong cukup murah dipasaran, hanya berkisar Rp 500-1000/kg. Singkong yang di identikan dengan makanan tradisional ini sangat mudah untuk dijadikan berbagai macam jenis makanan dan camilan. Banyak kreasi makanan yang bisa di buat dari bahan dasar singkong ini. Singkong yang dulu disepelekan kini menjadi salah satu alternatif usaha makanan olahan yang menjanjikan.

Banyak peluang usaha baru yang bisa dikembangkan dengan bahan dasar singkong. Wingko singkong adalah salah satu contoh kreasi produk olahan berbahan dasar singkong yang menjanjikan untuk dikembangkan menjadi alternatif usaha baru. Selain menggunakan bahan dasar yang melimpah dan murah dari segi rasa wingko singkong ini tak kalah enak dari wingko biasa pada umumnya

Berikut ini akan saya share tentang resep cara membuat wingko singkong. Wingko singkong ini merupakan resep kreasi adik saya Yuli dan resep ini juga telah dipraktekan langsung oleh adik saya, so saya sudah merasakan kelezatan dari wingko singkong ini,wingko singkong ini juga telah diikutkan dalam acara lomba kreasi makanan berbahan dasar singkong dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI yang ke-70 dan menjadi juara pertama.yah walaupun lomba tingkat desa:D, Berikut resepnya:

RESEP WINGKO SINGKONG

  1. Bahan :
    • Singkong 3kg
      Kelapa 2 butir
      Telur 4 butir
      Gula scukupnya
      Vanili
  2. Cara membuat :
    1. 1.Singkong terlebih dahulu dikupas,dicuci. bersih kemudian diparut(Usahan dengan parut yang menghasilan tekstur parutan yang lembut)

      2. Singkong yang telah diparut kemudian diperas dengan kain bersih sampai sari patinya benar-benar hilang.

      3.Kelapa yang telah dikupas dan dibersihkan diparut kemudian campurkan dengan parutan singkong tadi,campur hingga rata

      4.Masukan telur, gula sesuai selera,dan vanili secukupnya kedalam wadah,kocok hingga rata/mengembang.

      5 Masukan campuran singkong+kelapa tadi kedalam adonan telur tersebut,uleg hingga rata menjadi adonan yang cukup pulen

      5.Bentuk adonan tersebut sesuai selera,ato masukan dalam cetakan kemudian masukan kedalam loyang untuk dipanggang(adonan bisa juga dilapisi dengan kertas roti). Usahakan bentuk adonan tidak terlalu tebal agar adonan bisa matang dengan rata.

      6.Dalam memanggang adonan harus dibolak balik hingga bisa matang secara merata, panggang adonan hingga berwarna kekuning2an atau kecoklat-coklatan.

      7.Angkat,tiriskan dan sajikan

Itu merupakan resep wingko singkong berskala kecil, terkadang dalam mencoba sering terjadi kegagalan,untuk itu perlu melakukan uji coba beberapa kali untuk bisa mencapai rasa yang di inginkan.

Demikian tadi resep wingko singkong sebagai peluang usaha rumahan bermodal kecil. Cocok untuk usaha skala rumahan ataupun usaha sampingan anda. Semoga bermanfaat

Tinggalkan Balasan