SUKA DUKA NGEBLOG VIA HANDPHONE (DALAM KETERBATASAN ADA KENYAMANAN)

Ngeblog adalah sesuatu hal yang menyenangkan, kita bisa menulis apa saja yang kita rasa, kita tahu, dan yang kita bisa, kemudian kita share ke khalayak ramai, atau bisa jadi ngeblog itu hanya kita jadikan sebagai diary online tempat kita mencurahkan segala isi hati,hehehe.

Ngeblog adalah sesuatu yang mengasikan,walaupun kadang terasa menjemukan juga, kadang kala kita dihinggapi rasa malas untuk ngeblog, untuk nulis konten, apalgi jika blog kita blog yang fokus pada niche tertentu dan kita kehabisan ide untuk menulis tentang niche tersebut, walah mau nulis artikel aja rasanya kayak mikul sebuah gunung yang besar.

Semangat ngeblog itu harusnya selalu kita pupuk agar tak mengalami pasang surut, kita harus rajin-rajin ngepost, yah walaupun hanya sekedar ngepost curhatan, heee, ini penting agar semangat ngeblog, bara api ngeblog tetap terjaga, gak kaya saya yang selalu pasang surut dalam perblogingan.

Saya kenal dunia bloging udah cukup lama, tapi tetap saja jadi blogger pemula, yah karena tadi, bara semangatnya ga pernah dijaga sehingga sering mengalami pasang surut dalam perblogingan so tetap saja jadi blogger pemula. Banyak hal yang membuat saya mengalami hal tersebut, tapi faktor terbesar adalah ketiadaan sarana buat ngeblog,

Yah saya akui saya kurang tenang dalam ngeblog karena kadang ketiadaan sarana yang memadai. Biasanya saya ngeblog melalui PC, saya suka menghabiskan waktu berjam-jam di depan komputer, bahkan bisa seharian di depan komputer. Komputer sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan. Rasanya gegana banget deh lo jauh dari komputer dan koneksi internet.

Gegana itulah yang sering saya alami, pekerjaan saya sebagai seorang kuli sering membuat saya harus berpergian merantau kedaerah lain. Membuat saya tak bisa menyentuh PC untuk beberapa bulan lamanya. Nah saat merantau itulah semangat saya kadang redup, karena mungkin saking lamanya saya tidak menyentuh PC, gak nulis lagi, perasaan males ngeblogpun sering muncul, tapi kadang masih saya jaga semangat itu dengan sesekali kewarnet untuk melepas kangen.

Efek ngeblog yang pasang surut membuat saya sering berganti-ganti blog, entah berapa banyak blog yang pernah saya buat untuk kemudian saya biarkan begitu saja, maklum kebanyakan masih blog gratisan jadi saya gak terlalu berat untuk menelantarkannya begitu saja.

Kini saya telah memiliki blog self hosting atau blog berbayar sendiri, walaupun blog sederhana, ini membuat saya sedikit lebih semangat, nyaman dan sedikit lebih serius untuk ngeblog, hehehe, tapi tetap walaupun sudah self hosting sendiri, sarana masih tetap jadi kendala, tapi alhamdulillah sedikit lega sekarang, walaupun kadang jauh dari PC saya tetap bisa blogging via HP, sedikit ribet si, tapi saya ga mau membiarkan blog berbayar saya ini terbengkalai begitu saja.

Ngeblog via HP itu memiliki tantangan, seni dan keasyikan sendiri bagi saya. Pada awalnya ngeblog via HP cukup menguras tenaga, fikiran dan emosi. Gimana tidak menguras tenaga, pikiran dan juga emosi?, Ngeblog via HP mempunyai tingkat kesulitan yang cukup tinggi dan di butuhkan kesabaran yang ekstra dibanding ngeblog via laptop atau PC

Saya merasakan betul susahnya ngeblog via handphone, bahkan sejak awal saya memutuskan untuk ngeblog dengan web hosting sendiri. Untuk membeli sebuah domain dan hosting, semua saya lakukan dengan menggunakan HP biasa, bukan HP canggih sekelas smartphone ataupun Apple, semua saya lakukan hanya dari sebuah HP Blackberry torch, sebuah HP yang kini kehilangan pamor, kalah oleh Android dan smartphone.

Dari mulai mencari web hosting, memesan, melakukan pembayaran, mengoneksikan semua saya lakukan dengan HP, mungkin untuk mengoneksikan sebuah domain dan hosting yang masih satu developer atau perusahaan cukup mudah karena itu biasanya diatur atau dibantu langsung oleh team dari developer, tapi jika kita membeli domain dan hosting di tempat berbeda seperti yang saya alami, kita harus mengoneksikan semuanya sendiri, dan itu saya lakukan hanya via Handphone.

Untuk mengunggah file-file yang besar terpaksa kadang saya menggunggahnya via warnet, Untuk menyetel plugin dan lain lain masih bisa saya handle melalui HP, yah walaupun kadang dibutuhkan waktu yang lebih lama untuk itu.

Untuk memulai ngeblog via Handphone awalnya cukup sulit, terutama saat kita mau menulis artikel dan mengunggah foto ke dalam postingan, saya rasa cukup susah dan ribet, tidak segampang dan seleluasa jika kita menggunakan laptop atau PC. Sempat saya mau menyerah untuk ngeblog via HP, saya rasa mustahil ngeblog via HP menjadi sesuatu hal yang nyaman, menyenangkan dan mengasyikan. Seiring waktu saya mulai terbiasa dengan kesulitan- kesulitan itu sembari terus saya berusaha memecahkan kesulitan-kesulitan itu.

Syukur perlahan lahan saya mulai bisa mengatasi kesulitan- kesulitan tersebut dan pelan-pelan juga mulai menemukan kenyamanan dan keasyikan ngeblog via HP. Saya mulai menikmati hal tersebut. Salah satu hal yang memanjakan dalam ngeblog via HP adalah saat saya bisa nulis artikel dalam segala suasana, dirumah, di jalan, pokoknya dimana-mana, paling asyik saya bisa nulis artikel sembari tiduran dalam berbagai posisi, ciyee kayak apa aja yah 😀 , kalau saya merasa capek saya bisa berhenti sebentar, gak perlu bolak balik nyalain PC, sekali ada ide bisa langsung kita tulis. Asyik kan?

Ngeblog via Handphone kini bukan sebuah halangan lagi, justru menjadi suatu hal yang mengasyikan bagi saya. Hampir semua tulisan di blog sederhana saya ini, saya tulis langsung dari HP baik itu tulisan biasa atau tutorial cara sederhana.

Bagi anda yang hoby ngeblog tapi terhalang gak punya PC, gak punya laptop, jangan pernah putus asa, karena ngeblog via HP ternyata juga bisa, gak kalah nyaman sama yang pake PC, bahkan saya sekarang lebih menikmati ngeblog Via HP daripada via PC kecuali untuk hal-hal tertentu. Untuk saat ini saya nyaman ngeblog via Blackberry dengan aplikasi wordpress for Blackberry.

Demikian tadi sedikit coretan curhatan dari saya selaku blogger pemula, semoga bermanfaat dan bisa menjadi penyemangat bagi semuanya bahwa dalam keterbatasanpun kita masih bisa berkarya. 😀

2 Comments
    • feryarya

Tinggalkan Balasan