Pengalaman Membuat Website Toko Online Otodikdak

Mempunyai website toko online sendiri adalah impian saya sejak lama..

Tapi untuk mewujudkan impian itu saya tidak tahu harus mulai darimana..

Sebenarnya banyak jasa pembuatan website di luar sana yang bisa kita sewa jasanya, tapi apa daya modal saya tak punya. Saya hanya seorang pengangguran yang punya banyak keinginan.

Sedang membuat website toko online sendiripun kayaknya hampir tidak mungkin karena saya tidak punya keahlian apapun tentang semua itu.

Saya hanya seorang blogger biasa, seorang blogger amatir yang masih males malesan hanya untuk sekedar menulis cerita di blog yang saya kelola.

Bermodal koneksi internet seadanya saya mulai mencari cari informasi tentang cara membuat website toko online sendiri.

Kok sendiri?
Ya karena sekali lagi saya tidak punya biaya untuk membeli jasa pembuatan website toko online, saya cuma punya modal kemauan.

Selain tidak punya modal saat itu saya sendiripun belum begitu percaya dengan jual beli online. Selain takut ditipu saya juga kurang percaya dengan kualitas yang di hasilkannya nanti. Takut websitenya nanti susah diakses, takut ternyata space nya kecil dan lain lain

Berawal dari semua alasan itu saya mulai getol mencari informasi cara membuat toko online sendiri. Tapi bukanya tercerahkan tapi malah sebaliknya, saya seakan mau muntah saat membaca informasi yang begitu banyak dan saling tumpang tindih gak karuan. Saya bingung mencari satu sumber informasi yang bisa saya jadikan acuan.

Walaupun pening tapi tetap maju juga..walaupun terseok-seok saya tetap belajar cara membuat website toko online sendiri, saya masih menggunakan jasa website gratisan untuk belajar.

Singkat cerita dari semua pengalaman itu..semua informasi yang membuat saya merasa mual dan mau muntah saat itu saya mendapat benang merah untuk saya pribadi yang tak punya kemampuan apa apa di bidang internet.

Benang merahnya yaitu untuk kita yang masih pemula jangan hiraukan betul informasi yang buat mumet kepala itu.kita cukup pegang konsep dasar membuat sebuah website yaitu hanya domain,hosting dan template sebagai pemberi wajah pada website

Layaknya kita membangun sebuah rumah, yang kita perlukan hanya sebuah kerangka rumah terlebih dulu. Yang terpenting yaitu kerangka rumah itu sendiri terbentuk. Untuk pertama yang kita pikirkan adalah rumah itu terbentuk, terbangun dulu, gak usah mikir gimana cara memperindah rumah dulu, ga usah mikir furniture ini itu dulu.Itu gampang, Itu bisa kita lakukan nanti sambil jalan.

Layaknya membangun rumah..seperti itu juga membanvun website toko online, yang tepenting adalah kerangka website toko online itu sendiri.

Untuk membuat kerangka website toko online kita membutuhkan domain+hosting+ template sebagai bahan untuk membangun kerangka. Domain+hosting+template bisa kita peroleh secara gratis atau berbayar.

Setelah kita punya bahan untuk membuat kerangka website toko online, langkah selanjutnya mensetting bahan tersebut agar kerangka website toko online kita segera terbentuk, terlihat dan bisa di akses.

Untuk soal mempercantik website kita dan lainnya bisa kita lakukan sambil jalan.Sebenarnya perbedaan antara membuat website personal dengan website ecommerce hanya terletak pada desain template-nya saja,selebihnya sama dengan website pada umumnya

Jadi untuk kita yang awam tentang tentang dunia internet tapi punya keinginan mempunyai website toko online sendiri dengan membuat sendiri alangkah baiknya kita belajar dahulu tentang ap itu website, apa itu domain, dan apa itu hosting dan bagaimana caranya mengoneksikan tiga hal tersebut.

Tapi jika anda membaca artikel ini sampai sini, saya yakin anda semua sudah sangat mengerti tentang semua itu.

Oya ini adalah website toko online yang saya buat sendiri, dengan kreasi tangan sendiri.untuk melihat tampilannya silahkan klik www.deardiaary.com

Masih sangat sederhana kan?:p maklum saya masih dalam taraf belajar,sayapun tidak punya keahlian dalam bidang ini..sambil jalan sambil belajar..

Buat teman teman yang punya pengalaman pribadi membuat website toko online secara otodikdak dan mau berbagi pengalamannya silahkan share di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan