Mayuh Plesir Maring Banjarnegara Kota Kecil Penuh Pesona

Ayo Plesir Maring Banjarnegara
Kota Kecil Penuh Pesona

Lebaran adalah momen yang paling ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Kita berbondong bondong mudik kekampung halaman demi merayakan hari raya bersama. Tak jarang momen ini dijadikan sarana untuk temu kangen seluruh anggota keluarga. Saatnya lebaran, saatnya liburan bersama keluarga.

Momen lebaran dan berkumpulnya seluruh anggota keluarga sering dimanfaatkan untuk rekreasi bersama, mengunjungi berbagai arena wisata.

Bagi Anda warga Banjarnegara atau yang sedang singgah di Banjarnegara, Anda ingin menikmati destinasi wisata di kota ini? berikut saya informasikan destinasi yang cocok untuk Anda dan keluarga.

Banjarnegara memiliki objek wisata yang beragam dan tak kalah dari daerah lainnya, mulai dari objek wisata alam hingga buatan. Dari wisata dataran tinggi dieng, air terjun, danau hingga kebun binatang.

Salah satu objek wisata andalan yang dimiliki kabupaten Banjarnegara adalah objek wisata air
Surya Yudha Park. Objek wisata ini telah menjadi
salah satu icon wisata di Banjarnegara.

Gambar: hericandra.wordpress.com

Surya Yudha Park berada di pusat kota tepatnya di Jalan Raya Rejasa Banjarnegara, atau kurang lebih 1 km arah utara Alun-Alun Banjarnegara.

Lokasinya yang strategis dan berada di tengah kota membuat akses menuju objek wisata ini sangat mudah di jangkau baik dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Bagi anda para backpacker mania, anda bisa mengambil alternatif lain untuk menuju Surya Yudha Park yaitu dengan cara berjalan kaki. Jaraknya yang tidak terlalu jauh sekitar 1 km kearah utara dari Alun-Alun membuat berjalan kaki merupakan alternatif yang menarik dan sangat cocok untuk para backpacker mania. Dengan alternatif ini tidak hanya anda sehat, anda juga bisa berhemat. Keuntungan lainnya dari berjalan kaki yaitu anda bisa sembari melihat-lihat suasana kota Banjarnegara, siapa tahu saat berjalan itulah anda menemukan sesuatu yang menarik diantara toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan.

Jika anda telah sampai di objek wisata Surya Yudha Park, Siapkan uang Rp 20.000 untuk 1 orang dewasa dan Rp 15.000 untuk 1 anak-anak guna membeli tiket masuk.

Fasilitas yang di miliki Surya Yudha Park sebagai salah satu wahana wisata air di Banjarnegara saya rasa cukup lengkap untuk anda, keluarga,organisasi maupun korporasi.

Berbagai keceriaan di wahana air

Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com

Hadirnya kolam yang lengkap dan beragam di Surya Yudha Park sangat memanjakan liburan anda dan keluarga, anda bisa merasakan dan mengabadikan liburan anda bersama keluarga dengan penuh ceria.

Olahraga

Bagi anda para pecinta olahraga Surya Yudha Park juga dilengapi dengan Sport Center. Di sport center ini anda bisa melakukan berbagai aktivitas olahraga antara lain futsal, volly ball indoor dan outdoor, Tenis, Badminton, Bilyard dan Golf. Untuk bisa menikmati fasilitas ini atau informasi lainnya silahkan tanyakan pada petugas.

Berbagai aktivitas di Surya Yudha Sport Center.

Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com

Hobi

Untuk para pecinta olahraga ekstrim, Surya Yudha Park juga menyelenggaran olahraga yang bisa memacu adrenalin anda, yapsss..Surya Yudha Park juga memfasilitasi olah raga ini dengan menghadirkan wahana olahraga outbond dan arung jeram.

Untuk outbond Surya Yudha Park menyelenggarakan outbond untuk usia dari anak-anak, remaja hingga dewasa dengan berbagai tingkat yaitu fun(tanpa resiko), menengah, semi ekstrem dan ekstrem. Di arena outbond ini juga tersedia wahana lain seperti flying fox.

Sumber: suryayudha.com

Bagi anda pecinta arung jeram, anda bisa rafting di sungai serayu, Surya Yudha akan memfasilitasi anda untuk merasakan sensasi menaklukan jeram- jeram di sungai ini, yang merupakan salah satu alternatif sungai terbaik di Indonesia untuk melakukan olahraga ini. Dengan panjang lintasan kurang lebih 10 km dengan jarak tempuh 2-3 jam anda cukup membayar dengan rate Rp 195.000/orang dengan minimal 5 orang.

Anda bisa menikmati sensasi dan merasakan momen tak terlupakan ini bersama dengan orang-orang yang anda sayangi. Sebuah momen yang jarang bisa kita temukan selain di libur lebaran.

Adapun fasilitas yang bisa anda dapatkan di olahraga ini antara lain: setiap perahu akan didampingi pemandu yang berpengalaman, dikawal oleh perahu rescue, makan siang, sertifikat dan asuransi. Cukup menarik bukan?.

Berbagai keceriaan arung jeram

Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com

Acara/Pertemuan

Selain untuk tujuan wisata dan rekreasi, Surya Yudha juga menyediakan fasilitas MICE (Meeting, Incentive, Conference, & Exhibition) yaitu sebuah room yang sangat cocok untuk dijadikan tempat pertemuan komunitas, organisasi dan juga bisnis anda. Tersedia ruangangan dengan kapasitas 25, 50, 100, 125, 150, 250, 1000, hingga 2000 orang.

Contoh Ruang Pertemuan

Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com

Bagi anda yang ingin mengadakan pertemuan dengan suasana alam, Surya yudha juga menyediakan ruangan semi terbuka di tepi sungai serayu. Balai serayu ini dilengkapi dengan panggung dan sound system. Dengan kapasitas yang ideal yaitu mampu menampung sekitar 300 orang, ini tentu cocok bagi anda yang ingin
mengadakan event-event gathering seperti buka bersama, ulang tahun, perpisahan sekolah, acara kampus dan beragam event lainnya.

Sumber: suryayudha.com

Di surya Yudha park ada bisa melakukan pertemuan, sekaligus wisata dan rekreasi bersama.

Wisata Rohani

Surya Yudha park sebagai salah satu wahana wisata terpadu juga dilengkapi dengan wahana wisata rohani yaitu dengan adanya wahana wisata religi manasik haji. Wisata manasik haji dilengkapi dengan berbagai replika yang mirip dengan keadaan yang sebenarnya.

Sumber: suryayudha.com

Wisata Manasik Haji ini terdiri dari Ka’bah, Makom Ibrahim, Terowongan Mina, Bukit Shafa, Bukit Marwa, Wustho, Aqobah,Ula, Gua Hiro, dan Muszdalifah. Tempat ini juga dilengkapi dengan petunjuk pelaksanaan ibadah haji yang terpampang di setiap bagian yang ada sehingga memudahkan bagi pengunjung untuk mengetahui tata cara ibadah haji.

Ada satu hal yang bakal bisa membuat anda tercenggang, terutama bagi anda yang baru pertama kali berkunjung kesini. Anda akan disuguhi pemandangan yang luar biasa yaitu Patung Merlion dan Liberty, sebuah replika patung singa kepunyaan singapura dan replika patung liberty kepunyaan amerika.

Replika Patung Liberty dan Merlion

Gambar: yukpiknik.com
Gambar: satuaspal.com

Anda ingin ke Singapura,ke Amerika? Belum kesampaian? Maka berkunjunglah ke Surya Yudha, anda bisa berfoto dengan background patung icon kedua negara tersebut. Mungkin ini bisa sedikit mengobati impian anda. Hehehe..

Gimana??..cukup lengkap kan fasilitas yang dimiliki oleh Surya Yudha Park? Anda bisa bisa melakukan semua aktivitas disini, dari rekreasi air dan wisata alam, family gathering, bisnis, serta wisata religi manasik haji. Anda ingin memadukan semuanya? di Surya Yudha Park semua bisa.

Untuk urusan makan di surya yudha park juga tersedia restauran dengan beraneka macam masakan. Nah bagi anda yang penasaran dengan cita rasa masakan khas banjarnegara cobalah anda memesan Soto kerandegan. Soto kerandegan adalah salah satu makanan khas dari Banjarnegara yang sangat cocok untuk menemani istirahat dan makan siang anda.

Soto khas Banjarnegara via jitunews.com

Makan soto saat istirahat siang sangat cocok bila ditemani dengan segelas es dawet ayu Banjarnegara. Es dawet ayu adalah minuman yang paling khas dan sangat lekat dengan Banjarnegara. Rasanya yang segar dan nikmat membuat dawet ayu khas Banjanegara ini sangat terkenal seantero nusantara. Jadi saat anda berkunjung ke Banjarnegara sempatkanlah untuk mencobanya. Karena yang benar-benar khas ya disini, gak ada di tempat lain.

Dawet ayu Banjarnegara via diengnews.blogspot.com

Selain soto dan es dawet ayu, Banjarnegara juga memiliki makanan khas lain seperti mendoan, combro, combro kering, jenang salak,kopi biji salak dan masih banyak yang lainnya.

Kopi biji salak Banjarnegara via serbukbijisalakbanjarnegara.blogspot.com
Jenang salak via gatotwicaksono.blogspot.com
Combro kering via jitunews
Combro via klikdieng.com

Mendoan adalah tempe goreng yang dimasak setengah matang, dan sangat cocok untuk menemani suasana santai di sore hari, sangat pas jika menikmati mendoan dengan ditemani secangkir kopi biji salak.

Kopi biji salak via bijisalakkopi.com
Mendoan via kulinerkhasdaerahbanjarnegara.blogspot.com

 

Nah setelah puas seharian menikmati berbagai wahana dan arena wisata yang tersedia,telah puas menikmati aneka makanan khas Banjarnegara saatnya anda dan keluarga untuk beristirahat.

Dan lagi lagi Surya Yudha Park mengerti akan kebutuhan anda, Surya Yudha Park menyediakan hotel untuk sarana beristirahat anda beserta keluarga.

Bagi wisatawan dari luar kota keberadaan hotel ini tentu sangat memanjakan. Anda tidak perlu capek-capek mencari penginapan setelah seharian berwisata karena keberadaan hotel ini terakomodir dengan objek wisata lainnya.

Hotel dengan taraf bintang 3 ini memiliki 124 kamar dengan berbagai tipe antara lain: 1 Villa (dengan 4 kamar), 1 President Suite, 4 Royal Suite, 9 Executive, 5 Family, 48 Deluxe, 30 Superior, dan 25 Standard. Tersedia Transit Room dengan discount 50% sesuai ketersediaan tanpa reservasi.

Harga Kamar:

Weekdays Rate:

President Suite    : Rp. 2.000.000,-
Royal Suite          : Rp. 1.500.000,-
Family                  : Rp.  1.100.000,-
Executive             : Rp.    850.000,-
Deluxe                  : Rp.    650.000,-
Superior               : Rp.    500.000,-
Standard              : Rp.    350.000,-
Extra bed             : Rp.    175.000,-

*Dapatkan diskon 15% dari harga tersebut diatas. Berlaku dari mulai hari Minggu hingga Jumat.

Weekend/public holiday rate:

Villa                       : Rp.   2.500.000,-
President Suite    : Rp. 2.500.000,-
Royal Suite          : Rp. 2.000.000,-
Family                  : Rp. 1.200.000,-
Executive             : Rp.  1.000.000,-
Deluxe                  : Rp.    800.000,-
Superior               : Rp.    600.000,-
Standard              : Rp.    450.000,-
Extra bed             : Rp.    200.000,-

*Fasilitas : Breakfast sesuai kapasitas kamar & Entrance Waterpark

Contoh kamar hotel Surya Yudha

Sumber: suryayudha.com
Sumber: suryayudha.com

Nah bagi anda yang ingin mencari alternatif lain anda bisa mencari penginapan/ hotel disekitaran pusat kota atau alun-alun.

Berikut ini saya share 2 penginapan/hotel yang paling murah di Banjarnegara. Sangat cocok untuk para backpacker.

Hotel ASRI
(Jl. Letjend Suprapto No.
60 Banjarnegara Telp: 0286-5803300)

Merupakan salah satu hotel melati yang berada dipusat kota Banjarnegara. Hotel ini menyediakan kamar mulai dari, Standard, Junior Suite.

Kamar Standar.

Kamar bertipe ini terdiri dari 28 kamar, 2 tempat tidur, TV, fan, kamar mandi, Kamar tipe ini di bandrol dengan harga Rp. 120.000,

Kamar tipe Delux
Kamar bertipe ini tersedia 17 kamar, twin/double bed, TV, parabola, telp, air panas, fan/AC, Harga Rp. 155.000,

Hotel Central Banjarnegara
(Jl. Mayjend DI
Panjaitan No. 24 Banjarnegara, Jawa Tengah, Phone 0286-591113)

Hotel ini bersertifikasi Melati Tiga, Dengan jumlah kamar sebanyak 75 kamar, Fasilitas kamar: tesedia single bed dan double bed, TV, AC/fan, telp, kamar mandi, air hangat, dan free sarapan pagi(nasi goreng). Fasilitas lainnya antara lain Resto and Cafe, Ballroom Convention Hall dan lain-lain.

Tarif di hotel ini di banderol dari Rp. 75.000,-s.d Rp. 250.000,- Nett Permalam. Sangat cocok untuk backpacker.

Dengan anda memutuskan untuk bermalam di Banjarnegara, anda bisa menikmati suasana malam kota ini, dengan berjalan kaki anda bisa menyusuri setiap sudut kota ini, menikmati aneka jajanan yang tersedia. Berwisata dan bemalam di Banjarnegara pastilah akan menjadi kenangan indah anda dan keluarga.

Sangat lengkap kan destinasi wisata yang satu ini? Tak heran wisata ini menjadi salah satu objek wisata andalan Kabupaten Banjarnegara dan menjadi salah satu objek wisata favorit keluarga. Setiap harinya Surya Yudha Park selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal dan luar kota.

Dieng Plateu

Nah bagi anda yang ingin berlibur dengan suasana alam, Banjarnegara juga punya destinasi yang menarik loh, Dieng plateu adalah salah satu wisata alam andalan Banjarnegara. Dieng plateu memiliki panorama alam yang luar biasa indah bak negeri surgawi atau sering juga disebut negeri diatas awan.

Negeri diatas awan Dieng via backpackerindonesia.com
Negeri diatas awan via fadevmother.wordpress.com

Selain memiliki panorama yang indah Dieng plateu juga memiliki banyak peninggalan bersejarah berupa candi- candi kuno yang merupakan aset berharga bagi dunia arkeologi dan kesejarahan bangsa Indonesia.

Keindahan komplek candi Dieng via buzzerbeezz.com
Candi Dieng via jelajahdieng.com
Candi Dieng via blog.ullensentalu.com

Nah ada kabar menarik nih, pada bulan Agustus tepatnya tanggal 5-7 Agustus 2016 nanti pemerintah kabupaten Banjarnegara melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata beserta elemen masyarakat setempat akan mengadakan Dieng Festival Culture.

Dieng Festival culture ini merupakan festival ke tujuh yang di selenggarakan pemerintah Kabupaten Banjarnegara. Banyak event yang bakal di selenggarakan di acara Dieng Festival cultur kali ini diantaranya adalah: Pagelaran Jazz Atas Awan, Melihat Sunrise di Bukit Pangonan, Jalan Sehat Dieng, Pagelaran Seni Tradisi, Pagelaran Wayang Kulit Ruwatan, Akustik Musik, Festival Lampion dan Kembang Api, Kirab Budaya, Jamasan Anak Gembel dan puncak dari Dieng festival culture ini adalah ritual Cukur Rambut Gembel beserta Larungan yang diakhiri dengan Pagelaran seni budaya.

Nah bagi anda yang ingin menikmati semua rangkaian ini, anda bisa menyewa homestay yang banyak tersebar di kawasan Dieng plateu.

Upacara potong rambut gimbal via socioholic25.blogspot.com
Upacara cukur rambut gimbal via tribunnews.com
Cukur rambut gimbal via budparbanjarnegara.com

Luar biasa kan pesona wisata yang dimiliki kabupaten Banjarnegara?. Sayang kan jika liburan lebaran anda hanya digunakan untuk berdiam dirumah saja?. Manfaatkan waktu liburan anda untuk mengunjungi objek wisata di Banjarnegara agar tumbuh kesadaran dan kecintaan terhadap daerah tercinta.

Ayo kita serbu rame-rame semua objek wisata yang ada di Banjarnegara dan rasakan sensasinya. Pokoke Mayuh Plesir Maring Banjarnegara. Ora afdol nek bali lan dolan meng Banjarnegara tapi ora nyempatna plesir meng Dieng utawa Surya Yudha

5 Comments

Tinggalkan Balasan