FLP : Komitmen Bersama Menjaga dan Memajukan Literasi Banjarnegara

Minggu tanggal 25 Februari 2018 saya berksempatan hadir dan mengikuti acara meet up anggota Lingkar Pena cabang Banjarnegara di Perpusda kab. Banjarnegara. Awalnya saya tidak yakin bisa mengikuti acara tersebut karena saat itu saya belum masuk dalam daftar keanggotaan FLP. Tapi Allhamdulillah saya diperbolehkan mengikuti kegiatan tersebut sekaligus masuk dalam keanggotaan FLP cabang Banjarnegara.

Meet Up FLP cabang Banjarnegara sendiri di hadiri 27 peserta dari berbagai pelosok wilayah di Banjarnegara. Mayoritas yang hadir adalah perempuan dan dari kalangan pelajar. Ini merupakan salah satu aset masa depan yang luar biasa bagi Banjarnegara yang perlu di jaga dan di pelihara. Mereka adalah generasi muda calon penulis masa depan dari Banjarnegara. Merekalah yang akan memperkaya dan mengenalkan dunia literasi Banjarnegara ke dunia luar. Eksistensi mereka harus kita jaga bersama demi kemajuan literasi Banjarnegara nantinya

Meet Up FLP Banjarnegara kali ini adalah meet up yang pertama setelah beberapa tahun terakhir FLP Banjarnegara mengalami mati suri. Karena itu Menyusun organisasi Magang FLP menjadi agenda penting dalam meet up kali ini karena akan menentukan arah dan tujuan FLP Banjarnegara kedepan nantinya. Tyas salah satu anggota FLP Banjarnegara terpilih menjadi Nahkoda FLP magang Banjarnegara untuk periode tahun 2018-2019. Semoga dalam komandonya FLP Banjarnegara terus tumbuh dan berkembang membawa citra dan nama baik Banjarnegara.

Dalam meet up ini juga di kelompokan keterminatan anggota kedalam beberapa program yaitu: Program keterminatan Jurnalistik, Program keterminatan pada dunia Blogger, Program Karya Seni, Melukis, Dan Desaign Art dan Forum Diskusi Dan Pameran Karya Dari Teman” FLP Banjarnegara. Setiap anggota diperbolehkan memilih 2 dari program keterminatan yang ada. Dari pengelompokan berdasar keterminatan itu kemudian dibuatlah grup-grup seperti grup whatsaap dan lain lain untuk mempermudah komunikasi dan proses pembelajaran jarak jauh. Dengan adanya pengelompokan seperti ini di harapkan akan tumbuh komitmen bersama untuk membesarkan FLP Banjarnegara dan memajukan dunia literasi Banjarnegara pada umumnya.

Saya sendiri memilih program keterminatan Blogger dan jurnalistik dalam meet up tersebut. Bukan tanpa alasan, sebagai blogger pemula saya masih sangat membutuhkan banyak ilmu dalam dunia kepenulisan blog karena sejauh ini saya masih menulis artikel dengan gaya “sekarepe dewe“, tentu dengan memilih program ini saya berharap tulisan-tulisan saya kedepannya semakin baik..semakin mudah di baca, di pahami dan di mengerti oleh para pembaca.

Saya juga memilih keterminatan jurnalistik, karena pada saat ini saya menjadi salah satu anggota media desa “JALANews”, sebagai seorang yang baru belajar dalam dunia jurnalisme, tentunya saya membutuhkan banyak pengalaman dan pembelajaran untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas dalam dunia jurnalisme. Materi tentang teknik analisis sosial, teknik wawancara, teknik menulis angle berita, teknik mengambil foto, teknik independensi media tentu sangat saya harapkan dari FLP Banjarnegara.

Harapan saya dan harapan kita semua semoga FLP Banjarnegara bisa menjadi ladang bagi kita semua untuk menuntut ilmu, berbagi dan saling sharing informasi sesama anggota. Semoga FLP Banjarnegara menjadi salah satu wadah pencetak generasi muda peduli literasi Banjarnegara dan semoga FLP Banjarnegara semakin besar dan tumbuh kembang nantinya.Amin

Tinggalkan Balasan