CARA AMPUH, UNIK DAN MUDAH AGAR POHON PETAI BERBUAH LEBAT(CARA TEBARU MENGATASI KERONTOKAN BUNGA PETAI)

Hay sahabat blogger, kali ini saya ingin berbagi informasi tentang pengalam unik yang pernah saya alami sendiri, pengalaman unik di bidang pertanian.

Langsung saja yah, saya mempunyai 2 pohon pete di kebun di sekitar rumah, pada masa awal pertama berbuah hingga beberapa tahun kemudian pohon pete tersebut masih cukup produktif dalam artian buahnya selalu lebat, sungguh menyenangkan saat melihat pete itu berbunga, bunga-bunga pete tersebut tidak rontok yang pada akhirnya pete bisa kita panen dengan hasil yang memuaskan.

Tapi produktivitas pohon pete tersebut sejak beberapa tahun terakhir mulai berkurang, walaupun pada masa awal bunga pete atau pendul tersebut cukup lebat tapi bunga petai atau pendul itu terus berjatuhan dan rontok, mungkin hanya beberapa pendul saja yang bisa berubah hingga menjadi pete,hasilnya ga sebanding dengan lebatnya bunga pendul di awal berbunga.

Baca juga:

Kejadian itu berlangsung beberapa musim pete, dan tentunya hal itu saya biarkan saja, saya pikir akh mungkin tahun depan berbuah lebat, tapi tiap kali musim pete hal tersebut terjadi dan terjadi lagi, lalu saya berpikir bagaimana caranya yah biar kerontokan bunga pete/pendul bisa diatasi, dengan begitu hasil panen pun bisa memuaskan.

Pada saat saya memikirkan cara mengatasi hal tersebut, tiba-tiba saya teringat perkataan dan cerita teman saya sewaktu sekolah dulu, yang entah berapa puluh tahun lalu, teman saya menceritakan trik kakeknya untuk mengatasi hal tersebut, semua triknya saya rasa kurang masuk akal. Kayak gak ada relasinya antara keduanya.

Tapi ada satu hal yang saya ingat betul, walaupun terkesan tidak ilmiah, tapi diantara cara- cara yang dijelaskan tersebut cara yang satu ini patut dicoba, dan gak ada salahnya. Caranya pun sangat sederhana dan mudah di aplikasikan.

Kata temen saya, ini merupakan resep rahasia. Resep yang tidak pernah di bagikan oleh kakeknya pada siapapun, tapi resep itu telah di ceritakan pada saya dan sudah saya aplikasikan dan akhirnya saya share disini 😀

Langsung saja trik ini cukup sederhana hanya membutuhkan parang atau pisau dan beberapa buah obat sakit kepala bermerk Puyer. Hahhh puyer??!! Kamu kate sakit kepala pake puyer?emang pohon petenya pusing? Kok kamu kasih puyer??.hahaha aneh bukan? Saya dulu aja ketawa mendengar trik ini, masa iya sih pohon pete dipuyer biar gak rontok? Saran yang benar- benar diluar kepala dan yang sampe sekarang saya masih bingung untuk mencari penjelasan dari relasi atau relevansinya antara puyer dan kerontokan pete.

Proses pembubuhan puyer

Terlepas dari keanehan cara tersebut, toh tetap saja saya praktekan cara tersebut. Pada awal masa pete berbunga, saya beli dua bungkus puyer cap 19, saya ambil golok kemudian saya sayat kulit pohon pete tersebut dibeberapa bagian kemudian saya bubuhi serbuk puyer. Saya basahi sedikit dengan tujuan agar mudah di serap oleh si pohon pete.

Setelah beberapa minggu saya lihat pendul tidak banyak yang rontok sehingga pendul yang berubah jadi bakal pete terlihat lebih banyak. Pada akhirnya buah pete terlihat lebat dan menyenangkan,bahkan pete saya sudah menarik perhatian beberapa tengkulak dan mereka berusaha menawarnya, tapi saya jawab tidak dijual dengan tersenyum gembira.

Contoh Pete pasca dibubuhi serbuk puyer.

Setelah beberapa tahun terakhir kurang produktif dan menghasilkan saya kira tahun ini kali pertama pohon pete saya mulai berbuah lebat lagi, terlepas dari entah ada hubungannya atau tidak antara puyer dengan lebatnya buah pete. Tapi itulah yang terjadi dengan pohon pete saya. Tadi saya juga baru saja menerapkan cara unik tersebut pada pohon pete lain yang mulai berbunga sebelum akhirnya saya menulis artikel ini dan mencoba share cara unik dan mudah mengatasi kerontokan pete agar pohon pete berbuah lebat. Kita lihat nanti hasilnya yah.

Sekian dulu share pengalaman pribadi saya. Terimakasih udah mampir ke blog sederhana saya. Semoga informasi ini bermanfaat. Terimakasih

34 Comments

Tinggalkan Balasan