Camping Ground Favorit terbaru di Banjarnegara

Hay sobat blogger…udah tau belum destinasi wisata baru di Banjarnegara yang asik buat camping?? jangan nebak dieng ya!, Dieng mah wisata kawakan di Banjarnegara, udah diakui dunia itu mah!. Ayo tebak dimana?? udah tau belum?? belum tau kan??? ya udah deh gak usah muter muter lagi..mumpung aku lagi baik hati nih..aku kasih tau ya…destinasi wisata baru yang enak buat camping itu berada di pucuk gunung, sebelah selatan Mandiraja, tepatnya di dukuh Karangkobar desa Jalatunda, Mandiraja, Panorama Igir Lempuyang nama bekennya PILEM(Panorama Igir Lempuyang), kalau nama baratnya itu Lempuyang Ridge Walk.. wehh komplit kan namanya?

Panggung Gembira

Ada yang bingung gak dengan Nama Igir Lempuyang??Mungkin buat kalian yang tinggal diluar desa Jalatunda, diluar Jalatunda agak bingung ya mengartikan dua kata tersebut? igir itu bahasa lokal desa Jalatunda yang berarti Bukit atau puncak, Warga jalatunda biasa menyebut bukit atau puncak dengan sebutan Igir. Lempuyang adalah nama tanaman obat yang hampir mirip dengan tanaman jahe dan sejenisnya..Paham kan?? kenapa dinamakan igir Lempuyang??oke itu kita bahas lain kesempatan ya…

Igir lempuyang terlihat menjulang tinggi jika dilihat dari kawasan pasar Mandiraja dan sekitarnya, Igir lempuyang memang salah satu bukit yang tertinggi jika dibandingkan dengan bukit-bukit yang lainnya khususnya di kecamatan Mandiraja Kabupaten Banjarnegara. Ketinggian Igir Lempuyang mencapai 483 mdpl, lumayan tinggi kan?? Igir lempuyang merupakan kawasan hutan pinus yang disulap menjadi kawasan wisata akhir akhir ini..

udah ya basa basinya…udah penasaran kan kenapa Igir Lempuyang menjadi salah satu tujuan camping yang menarik dan patut di coba?? buat para pecinta alam, komunitas, organisasi atau instansi boleh donk mencoba asiknya camping di Igir Lempuyang, Gak usah pergi jauh jauh untuk camping, ga perlu naik gunung, apalagi buat kalian yang tak punya waktu libur panjang, cukup camping di Igir lempuyang, aku yakin itu bisa sedikit mengobati rindu kalian untuk muncak. Serius…

Camping Pramuka MAN 2 Banjarnegara
Komunitas SPBW

Kenapa Igir lempuyang menjadi destinasi wisata yang diminati oleh para penyuka camping, dan tentunya patut kamu coba kunjungi untuk merasakan sensasi camping yang sesungguhnya disana? yang pertama, meskipun terletak dipojok selatan Desa Jalatunda, terbilang jauh dari pemukiman warga, tapi akses menuju igir lempuyang terbilang bersahabat, tidak seluruhnya jalan berbeton, tapi sepeda motor sudah bisa mencapai titik lokasi dimana kita bisa mendirikan tenda untuk camping..bahkan mobil sudah bisa masuk pada waktu dan musim musim tertentu..inilah yang menjadi banyak pertimbangan mengapa mereka memilih lokasi ini. “Aksesnya gampang mas, motor bisa sampai lokasi ” papar Para pecinta camping saat aku coba tanya.

Kedua hutan pinus dikawasan wisata ini masih terjaga keasrian dan kealamiannya, tempat yang cocok untuk kita relaksasi, melepaskan segala lelah, penat setelah seharian bekerja. Suara gemrisik daun pinus yang tertiup angin seakan akan menjadi alunan musik yang membawa kita kepada kesyahduan, Musik alam yang menghanyutkan dan menjadi ciri khas Igir Lempuyang?belum tau kan rasanya??yuk dicoba.

Suasana yang asik untuk bersantai

Ketiga wisata igir lempuyang merupakan salah satu wisata yang tepat berada di perbatasan antara dua Kabupaten yaitu kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Kebumen. View di puncak igir lempuyang 360 derajat yang artinya kita bisa memandang keseluruh penjuru, keseluruh arah mata angin tanpa terhalang oleh pemandangan lainnya. wouw banget kan?jarang kita temukan di wisata lain di Banjarnegara. Kalau kita beruntung, cuaca bersahabat kita bisa melihat laut selatan tanpa terhalang kabut. Dimana lagi coba masih di Banjarnegara tapi bisa melihat laut..ya cuma ada di Igir Lempuyang..ini gak bokis ya karena sudah banyak yang membuktikannya..yuk di coba semoga beruntung…

Keempat, yang menjadi alasan kenapa Igir Lempuyang menjadi salah satu camping ground favorit dan patut kita coba adalah keamanan. Keamanan adalah sesuatu yang tak bisa kita tawar saat berpergian apalagi camping di alam liar. Di Igir Lempuyang tidak ada hewan hewan liar yang berbahaya, kalau sekedar ular, dimana mana juga ada..tapi sejauh ini aman aman saja.. Camping di Lempuyang juga gak perlu khawatir karena kita akan dijaga semalaman oleh para pengelola..setiap kali ada camping pengelola selalu siap siaga menjaga. soal penerangan dan makan jika kita tidak menyiapkannya tinggal konsultasi dan negosiasi saja dengan pengelola..di Jamin beres semuanya..

Pramuka SMAN 1 Purwonegoro

Kelima, yang menjadi pemikiran kita saat camping di wisata adalah persoalan biaya?berapa kocek yang kita rogoh untuk bisa ngecamp di sana. fasilitas apa yang kita dapat misalnya. Untuk di Igir Lempuyang biaya camp sebesar 10ribu perkepala tanpa fasilitas (hanya sewa tempat berikut penjagaan). Makan, tenda dan penerangan kita sendiri yang harus menyiapkan..jika kita mau terima beres kita perlu konsultasi lanjutan kepada pihak pengelola..gimana mudah dan murah kan??

Gimana keren kan??tertarik kan untuk camp di wisata Igir Lempuyang? alasan diatas menjadi faktor pendorong mengapa Igir Lempuyang menjadi camping ground favorit para pecinta alam, komunitas, organisasi bahkan sekolah sekolah. sudah banyak komunitas dan sekolah sekolah yang mencicipi kemudahan dan kenyamanan ngecamp di wisata igir Lempuyang..giliran kamu kapan?…

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: